Kesehatan

JANTUNG HATI : Pendekatan Pelayanan Vaksinasi Santun Lansia di KKP Kelas II Tarakan

KKP Tarakan | Kamis, 06 Desember 2018 - 07:08:27 WIB | dibaca: 496 pembaca

Untuk meningkatkan mutu dalam pelayanan vaksinasi jamaah umroh yang 40% pemohonnya berasal dari kategori kelompok usia lanjut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan menerapkan pendekatan pelayanan vaksinasi yang ‘santun’ lansia. Adapun konsep yang diterapkan dalam pendekatan ini adalah ‘JAnTung HaTi’, yang bermakna Jemput, Antar, Tunggu, Hampiri, dan Hak Prerogatif. Apabila dijabarkan lebih dalam, konsep JAnTung HaTi memberi penjelasan yang mencerminkan bahwa pelayanan vaksinasi ini peduli terhadap hak-hak para lansia dalam mendapatkan pelayanan.

Jemput, artinya petugas menjemput pemohon lansia tersebut di ruang tunggu. Antar, artinya petugas mengantar pemohon lansia tersebut dalam keseluruhan proses vaksinasi. Tunggu, artinya petugas harus siap mendampingi pemohon lansia tersebut selama proses vaksinasi berlangsung. Hampiri, artinya petugas-lah yang aktif menghampiri pemohon lansia untuk proses yang membutuhkan keterlibatan pemohon. Dan Hak Prerogatif, artinya petugas harus memberikan hak para pemohon lansia untuk mendapatkan pelayanan terlebih dahulu daripada pemohon usia produktif.

Pendekata pelayanan vaksinasi yang santun lansia ini bermula dari ide dr. Dian Pratiwi Akbar yang merupakan CPNS di KKP Kelas II Tarakan, dan kemudian diterapkan melalui proyek aktualisasi pada Juni 2018. Pendekatan ini selanjutnya diterapkan karena dapat memberi manfaat baik bagi pemohon lansia maupun bagi citra KKP Kelas II Tarakan dalam meningkatkan mutu pelayanan. (Farhan)










Komentar Via Website : 32
Desain Rumah
07 Februari 2019 - 13:57:45 WIB
Ini sudah ada juga gak yak di kampung ane? https://quire.io/u/rumahminimalis
obat tradisional penyakit lipoma
13 Februari 2019 - 14:46:02 WIB
terimakasih informasinya kunjungi blog kami http://goo.gl/AF4VC4
Awal Kembali...234 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)