Seputar KKP

Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini TBC dengan Lintas Program dan Sektor

KKP Tarakan | Minggu, 30 September 2018 - 21:07:08 WIB | dibaca: 33 pembaca

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosa. Sebagian besar kuman TB menyerang paru (ditandai dengan batuk berdahak tidak kunjung sembuh, penurunan berat badan, dll), tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya, misal tulang, otak, dll. TBC dapat menyerang siapa saja terutama pada orang usia produktif dan anak-anak dan akan menyebabkan kematian apabila tidak segera diobati hingga sembuh.

 

Data WHO tahun 2016 menunjukkan bahwa di Indonesia terdapat 100.000 orang meninggal akibat TBC per tahun atau sekitar 247 orang setiap harinya. Pada tahun 2017 ditemukan 3.460 kasus TBC di provinsi Kalimantan Utara, apabila tidak ditangani secara tepat maka angka tersebut akan semakin tinggi.

 

Berbagai cara dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan untuk menekan angka TBC di Kalimantan Utara, diantaranya melakukan edukasi TBC, screening dan deteksi dini TBC di wilayah kerja KKP yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Wilayah Kalimantan Utara. Untuk memperkuat program tersebut, maka dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini TBC dengan Lintas Program dan Sektor yang dilaksanakan pada tanggal 03 September 2018 di Tarakan, Kalimantan Utara (Dedi).










Komentar Via Website : 2
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)